Cari keripik pisang klik disini Manna Langsung ke konten utama

Manna

Mana , dalam bahasa Austronesia , berarti "kekuatan", "efektivitas", dan "prestise". Dalam kebanyakan kasus, kekuatan ini dan sumbernya dipahami sebagai supranatural dan tidak dapat dijelaskan. Semantiknya bergantung pada bahasa. Konsep ini penting dalam budaya Polinesia dan merupakan bagian dari budaya Kepulauan Pasifik kontemporer itu menjadi perhatian para antropolog Barat melalui laporan dari para misionaris pulau. Studi ini termasuk dalam antropologi budaya — khususnya, antropologi agama .

 Etimologi

Menurut Proyek POLLEX, sebuah protoform (bentuk leluhur dari sebuah kata) untuk "mana" —ditulis dalam konvensi linguistik historis sebagai * mana- "- ada di Proto-Oceanic, pendahulu dari banyak bahasa Pasifik. Meskipun jalur melalui pohon dari Proto-Oseanik ke bahasa tertentu tidak selalu jelas, kata dan konsep sudah berusia ribuan tahun. Menurut ahli bahasa Robert Blust, "mana" berarti "guntur, badai, atau angin" dalam beberapa bahasa. Blust berhipotesis bahwa istilah yang awalnya berarti "kekuatan alam yang kuat seperti guntur dan angin badai" yang dipahami sebagai ungkapan agensi gaib yang tak terlihat. Ketika orang-orang yang berbahasa Oseanik menyebar ke arah timur, gagasan agensi supernatural yang tak terlihat menjadi terlepas dari kekuatan fisik alam yang telah mengilhami dan mengambil kehidupannya sendiri. 

Budaya Polinesia

Mana adalah dasar dari pandangan dunia Polinesia , kualitas spiritual dengan asal supranatural dan kekuatan impersonal yang sakral. Untuk memiliki mana menyiratkan pengaruh, otoritas , dan kemanjuran — kemampuan untuk melakukan dalam situasi tertentu. Kualitas MP tidak terbatas pada individu; orang-orang, pemerintah, tempat dan benda mati juga dapat memiliki mana , dan pemiliknya dihormati.

Hawaii dan budaya Tahitian

Dalam budaya Hawaii dan Tahiti, mana adalah energi spiritual dan kekuatan penyembuhan yang bisa ada di tempat, benda dan orang. Hawaii percaya bahwa mana dapat diperoleh atau hilang oleh tindakan, dan Hawaii dan Tahiti percaya bahwa mana adalah eksternal dan internal. Situs-situs di Kepulauan Hawaii dan Polinesia Prancis diyakini memiliki mana — misalnya, tepi atas gunung berapi Haleakala di pulau Maui dan Taputapuatea marae di pulau Raiatea di Kepulauan Society .
Hawaii kuno percaya bahwa pulau Molokaʻi memiliki mana, dibandingkan dengan pulau-pulau tetangganya. Sebelum penyatuan Hawaii oleh Raja Kamehameha I , pertempuran diperebutkan untuk memiliki pulau dan kolam ikan di pantai selatannya yang ada hingga akhir abad ke-19.
Seseorang dapat memperoleh mana dengan pono (tindakan yang benar). Di Hawaii kuno, ada dua jalan ke mana: cara seksual atau kekerasan. Alam bersifat dualistis, dan semuanya memiliki padanan. Keseimbangan antara para dewa Ku dan Lono terbentuk, melalui siapa dua jalan menuju mana ( ʻimihaku , atau pencarian mana). Ku, dewa perang dan politik, menawarkan mana melalui kekerasan; ini adalah bagaimana Kamehameha memperoleh mana. Lono, dewa perdamaian dan kesuburan, menawarkan mana melalui seksualitas. 

budaya Māori (Selandia Baru)

Māori menggunakan

Di Māori , suku dengan Mana Whenua harus menunjukkan otoritasnya atas suatu wilayah. Dalam budaya Māori , ada dua aspek penting dari mana seseorang: mana tangata , otoritas yang berasal dari whakapapa ( silsilah ) dan mana huaanga , didefinisikan sebagai "otoritas yang diperoleh dari memiliki kekayaan sumber daya untuk memberi hadiah kepada orang lain untuk mengikat mereka ke dalam kewajiban timbal balik " . Hemopereki Simon , dari Ngāti Tūwharetoa , menegaskan bahwa ada banyak bentuk mana dalam budaya Maori. Kata asli mencerminkan pandangan non-Barat tentang realitas, terjemahan yang rumit.  Ini dikonfirmasi oleh definisi mana yang disediakan oleh Maori Marsden yang menyatakan bahwa mana adalah:
Kekuatan dan otoritas spiritual sebagai lawan dari kekuatan murni psikis dan alami - ihi. 
Menurut Prof. Margaret Mutu mana dalam arti tradisional berarti:
Kekuasaan, otoritas, kepemilikan, status, pengaruh, martabat, rasa hormat yang berasal dari dewa [/ atua ]. 
Dalam hal kepemimpinan, sarjana hukum Ngāti Kahungunu , Carwyn Jones, berkomentar bahwa, "mana adalah konsep utama yang mendasari kepemimpinan dan akuntabilitas Māori." Dia juga menganggap mana sebagai aspek mendasar dari tradisi konstitusional masyarakat Māori. 
Menurut Kementerian Kehakiman Selandia Baru:
Mana dan tapu adalah konsep yang keduanya dikaitkan definisi tunggal kata oleh penulis kontemporer. Sebagai konsep, terutama konsep Maori, mereka tidak dapat dengan mudah diterjemahkan ke dalam satu definisi bahasa Inggris. Mana dan tapu mengambil seluruh jajaran makna terkait tergantung pada asosiasi mereka dan konteks di mana mereka digunakan. 

Penggunaan umum

Dalam bahasa Inggris Selandia Baru kontemporer , kata "mana", diambil dari bahasa Māori, merujuk pada seseorang atau organisasi orang-orang yang memiliki wibawa dan karakter pribadi yang hebat. Meningkatnya penggunaan istilah mana dalam masyarakat Selandia Baru adalah sebagai akibat dari politisasi masalah Maori yang berasal dari Renaissance Māori .

Studi akademik

Foto sekunar bertiang tiga
The 1891 Southern Cross , salah satu kapal di Pulau Norfolk 's Misi Melanesia mana Codrington mengajar dan bekerja
Misionaris Robert Henry Codrington melakukan perjalanan secara luas di Melanesia , menerbitkan beberapa studi tentang bahasa dan budayanya. Bukunya tahun 1891, The Melanesians: Studies in Anthropology and Folk-Lore berisi deskripsi terperinci pertama tentang mana. Codrington mendefinisikannya sebagai "kekuatan yang sama sekali berbeda dari kekuatan fisik, yang bertindak dalam segala cara untuk kebaikan dan kejahatan, dan yang merupakan keuntungan terbesar untuk dimiliki atau dikendalikan". 
Zamannya telah mendefinisikan animisme , konsep bahwa energi (atau kehidupan) dalam suatu objek berasal dari komponen spiritual. Animisme abad ke-18 Georg Ernst Stahl diadopsi oleh Edward Burnett Tylor , pendiri antropologi budaya , yang mempresentasikan ide awalnya tentang sejarah agama pada tahun 1865. Penelitiannya tentang Sejarah Awal Manusia  dan mengembangkannya dalam volume satu (1871) dan dua (1874) dari Budaya Primitif . 

Evolusi budaya Tylor.

Dalam antropologi budaya Tylor primata lain tampaknya tidak memiliki budaya. 
Tylor tidak berusaha menemukan bukti keadaan manusia yang non-budaya karena ia menganggapnya tidak terjangkau, "suatu kondisi yang tidak jauh berbeda dari kondisi hewan tingkat rendah" dan "kehidupan buas seperti dalam beberapa bentuk yang mewakili keadaan awal yang diketahui."  Dia menggambarkan keadaan hipotetis seperti "manusia biadab telanjang dalam pikiran dan tubuh, dan kemiskinan hukum, atau seni, atau gagasan, dan hampir bahasa". Menurut Tylor, spekulasi tentang kondisi akultural tidak mungkin. Menggunakan metode budaya komparatif , mirip dengan anatomi komparatif dan metode komparatif linguistik historis dan mengikuti John Lubbock, ia menyusun dua klasifikasi ciri budaya ( meme dan memepleks ): biadab dan beradab. Tylor menulis, "Dari sudut pandang ideal, peradaban dapat dipandang sebagai peningkatan umum umat manusia oleh organisasi yang lebih tinggi dari individu dan masyarakat ..." dan mengidentifikasi modelnya dengan "teori perkembangan" peradaban ". 

Evolusi agama

Tylor mengutip "definisi minimum" agama sebagai "kepercayaan pada Makhluk Spiritual". Memperhatikan bahwa tidak ada masyarakat biadab yang kekurangan agama dan bahwa keadaan awal seorang pria beragama berada di luar jangkauan, ia menyebutkan dua tahap dalam evolusi agama: keyakinan sederhana pada individu animae (atau Doktrin Jiwa) dan penjabarannya. dogma. Dogma adalah sistem arwah yang lebih tinggi yang memerintahkan fase alam. Dalam jilid dua Primitive Culture , Tylor menyebut tahap ini Doktrin Roh. Ia menggunakan kata "animisme" dalam dua pengertian berbeda.  Yang pertama adalah agama itu sendiri: kepercayaan pada spiritual sebagai energi yang efektif, dimiliki oleh setiap agama tertentu. Dalam teori perkembangannya, versi undogmatik mendahului sistem teologis rasional. Animisme adalah Teori Jiwa yang sederhana, yang berusaha direkonstruksi oleh agama perbandingan .
Pekerjaan Tylor mendahului pekerjaan Codrington, dan ia tidak terbiasa dengan yang terakhir. Konsep mana menyebabkan revisi pandangan Tylor tentang evolusi agama. Antropolog pertama yang merumuskan revisi (yang disebutnya "agama pra-animisme") adalah Robert Ranulph Marett , dalam serangkaian makalah yang dikumpulkan dan diterbitkan sebagai Ambang Batas Agama . Dalam kata pengantar, ia memuji kata sifat "pra-animistis" tetapi bukan kata benda "pra-animisme", meskipun ia tidak mengaitkannya. 
Menurut Marett, "Animisme tidak akan cukup sebagai definisi minimum agama." Tylor telah menggunakan istilah "agama alami", konsisten dengan konsep Georg Ernst Stahl tentang energi spiritual alami. Jiwa binatang, misalnya, adalah prinsip vitalnya. Marett menulis, "Seseorang harus menggali lebih dalam" untuk menemukan "akar agama". 

 Pra-animisme

Menggambarkan pra-animisme, Marett mengutip mana Melanesia (terutama dengan karya Codrington): "Ketika ilmu Agama Komparatif menggunakan ekspresi asli seperti mana ... ia wajib mengabaikan sampai batas tertentu arti asli atau lokal ... Ilmu, kemudian, dapat mengadopsi mana sebagai kategori umum ... ". Di Melanesia animae adalah jiwa manusia yang hidup, hantu manusia yang sudah meninggal, dan roh "yang mirip hantu" atau meniru orang yang hidup. Roh dapat menghuni benda lain, seperti binatang atau batu. 
Properti mana yang paling signifikan dari mana adalah berbeda dari, dan ada secara independen dari, sumbernya. Animae hanya bertindak melalui mana. Itu adalah impersonal, tidak khas, dan (seperti energi) ditransmisikan antara objek, yang dapat memiliki lebih atau kurang dari itu. Mana mudah dipahami, muncul sebagai "Kekuatan keburukan" (dalam arti kagum atau takjub). Obyek yang memilikinya mengesankan pengamat dengan "rasa hormat, penghormatan, pendamaian, layanan" yang berasal dari kekuatan mana. Marett mendaftar sejumlah objek yang biasanya memiliki mana: "manifestasi alam yang mengejutkan", "batu penasaran", hewan, "sisa-sisa manusia", darah, badai petir, gerhana, letusan, gletser,tukang bulus .
Jika mana adalah kekuatan yang berbeda, mana dapat diperlakukan dengan berbeda. Marett membedakan mantra , yang memperlakukan mana-kuasi-obyektif, dan doa (yang membahas anima ). Sebuah anima mungkin telah berangkat, meninggalkan mana dalam bentuk mantra yang dapat ditangani oleh sihir . Meskipun Marett mendalilkan fase pra-animistik sebelumnya, fase "agama yang belum sempurna" atau "agama-magico" di mana mana tokoh-tokoh tanpa animae , "tidak ada pulau 'pra-animisme' murni yang dapat ditemukan."  Seperti Tylor, ia berteori tentang kesamaan antara animisme dan pra-animisme yang diidentikkan dengan supranatural — "misterius",

Kritik

Pada tahun 1936, Ian Hogbin mengkritik universalitas pra-animisme Marett: "Mana sama sekali tidak universal dan, sebagai konsekuensinya, untuk mengadopsinya sebagai dasar untuk membangun teori umum tentang agama primitif tidak hanya keliru tetapi juga keliru" . Namun, Marett menganggap konsep ini sebagai abstraksi.  Mantra, misalnya, dapat ditemukan "dari Australia Tengah ke Skotlandia." 
Para sarjana awal abad ke-20 juga melihat mana sebagai konsep universal, ditemukan dalam semua budaya manusia dan mengekspresikan kesadaran mendasar manusia akan energi kehidupan yang sakral. Dalam esainya tahun 1904, "Garis Besar Teori Sihir Umum", Marcel Mauss menggambar pada tulisan-tulisan Codrington dan yang lainnya untuk melukis gambar mana sebagai "kekuatan par excellence , efektivitas asli dari hal-hal yang menguatkan tindakan praktis mereka tanpa memusnahkan mereka. ". Mauss menunjukkan kesamaan mana ke Iroquois orenda dan Algonquian manitou , yakin akan "universalitas lembaga"; "sebuah konsep, yang mencakup gagasan tentang kekuatan magis, pernah ditemukan di mana-mana". 
Mauss dan kolaboratornya, Henri Hubert , dikritik karena posisi ini ketika Garis Besar 1904 Teori Umum Sihir mereka diterbitkan. "Tidak ada yang mempertanyakan keberadaan gagasan mana", tulis penulis biografi Mauss, Marcel Fournier , "tetapi Hubert dan Mauss dikritik karena memberikannya dimensi universal". Kritik terhadap mana sebagai pola dasar energi kehidupan meningkat. Menurut Mircea Eliade , gagasan mana tidak universal; di tempat-tempat yang diyakini, tidak semua orang memilikinya, dan "bahkan di antara berbagai formula ( mana , wakan , orenda), dll.) ada, jika tidak mencolokkan perbedaan, tentu saja nuansa yang tidak cukup diamati dalam studi awal ". Berkenaan dengan teori-teori ini didasarkan pada karakter primordial dan universal mana, kita harus mengatakan tanpa penundaan bahwa mereka memiliki telah dibatalkan oleh penelitian selanjutnya "


Karena pengaruh Kristen pada fantasi Barat, sering diasumsikan bahwa penggunaannya yang luas dari konsep "mana" pertama kali berasal dari manna alkitabiah , suatu substansi yang dapat dimakan yang diberikan oleh Tuhan kepada orang Israel, yang salah. Larry Niven pertama kali mengadopsi istilah Polinesia dalam cerita pendek 1969, "Not Long Before the End" . Dalam cerita ini dan selanjutnya, mana adalah bahan bakar magis yang digunakan untuk melemparkan mantra, dan merupakan sumber daya lingkungan yang tidak terbarukan; penggunaan sihir yang berat bisa menghabiskan mana dalam suatu area.
Sebagai kelanjutan dari gagasan mana sebagai sesuatu yang bisa "habis", permainan permainan peran fantasi dan permainan video mengadopsi istilah untuk mengukur "kekuatan magis."  Poin sulap (MP) digunakan oleh Ultima III: Keluaran dan permainan dipengaruhi olehnya, dan misalnya video game 1987 Dungeon Master menggantikan "titik ajaib" dengan "titik mana" sebagai definisi anggota parlemen.
Mana digunakan dalam sejumlah awal permainan papan peran  Pada tahun 1993, permainan kartu tertagih Magic: The Gathering menggunakan terminologi mana.  Blizzard Entertainment 's Warcraft II: Tides of Darkness menyebut anggota parlemennya "mana", dipengaruhi oleh Magic: The Gathering . Diablo (1996) juga menggunakan terminologi mana; sekuel dan spin-off dua game, termasuk World of Warcraft , mempopulerkan istilah "mana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian lampu TL

Rangkaian Lampu TL Tanpa Trafo Ballast Asik Zone   Rangkaian Lampu TL Tanpa Trafo Ballast – Pastinya sebagian dari anda banyak yang masih belum tahu apa sebenarnya lampu TL itu? Ya, kebanyakan orang menganggap bahwa lampu TL adalah lampu neon. Memang tidak salah, namun ada penjabaran arti yang telah tepat terkait pengertian dari lampu TL. Lampu TL adalah singkatan dari Tube Luminescent yang merupakan  sebuah lampu yang memilik bentuk tabung hampa, di mana p ada setiap ujungnya terdapat dua pasang kawat pijar atau yang biasa disebut dengan coil . Prinsip kerja dari lampu TL ini tak berbeda dari lampu pijar biasa. Lampu TL juga bisa disebut dengan l ampu Fluorescent  ataupun Tube Lamp. Di dalam tabung lampu ini terdapat  zat mercury serta gas argon yang memiliki tekanan rendah. Ketika  arus listrik mengalir ke dalamnya, maka elektron-elektron akan berpindah dari ujung satu ke ujung yang lain. Setelah elektron bertabrakan dengan zat tersebut, dan elektron kem

ABJAD PAGON

SAS TRA PEGON Pendahuluan Arab  Pegon (Pego) asalnya berasal dari huruf Arab Hijaiyah, yang kemudian disesuaikan dengan aksara (abjad) Indonesia (Jawa). Kata pegon dalam kamus Bausastra mempunyai arti tidak murni Bahasa Jawa. Huruf Pegon lahir dikalangan pondok pesantren untuk memaknai atau menerjemahkan kitab – kitab berbahasa Arab kedalam bahasa Jawa/Indonesia untuk mempermudah penulisannya, karena penulisan Arab dimulai dari kanan ke kiri begitu pula menulisan Pegon, sedangkan penulisan Latin dimulai dari kiri ke kanan. Menurut satu pendapat, penemu huruf Pegon adalah Sunan Ampel , sedangkan menurut pendapat lain Imam Nawawi  Banten, hal ini dikuatkan dari sejarah pada masa penjajahan banyak sekali terjadi penindasan, perampasan hak dan penyiksaan. Maka timbulah “Gerakan Anti Penjajah”. Pemberontakan terhadap pemerintahan penjajah terjadi dimana – mana, termasuk didalamnya kaum muslimin sampai – sampai para ‘ulama dan kyai berfatwa “haram memakai apapun da

LAGU KEBANGSAAN

Berikut adalah daftar lagu kebangsaan negara-negara di dunia . Negara → Lagu kebangsaan Afganistan → Sououd-e-Melli Afrika Selatan → Nkosi Sikelel iAfrica dan Die Stem/The Call Albania → Hymni i Flamurit Aljazair → Qassaman Amerika Serikat → The Star-Spangled Banner Andorra → El Gran Carlemany Angola → Angola Avante Antigua dan Barbuda → Fair Antigua, We Salute Thee Antilles Belanda → Beautiful Islands Arab Saudi → Aash_Al_Maleek (عاش المليك) Argentina → Himno Nacional Argentino Armenia → Mer Hayrenik Aruba → Aruba Dushi Tera Australia → Advance Australia Fair Austria → Land der Berge, Land am Strome Azerbaijan → Azərbaycan Respublikasının Milli Himni Bahama → March On, Bahamaland Bahrain → Bahrainona Kepulauan Balear → La Balanguera Bangladesh → Amar Sonar Bangla Barbados → In Plenty and In Time of Need Basque Country → Eusko Abendaren Ereserkia Belanda → Wilhel

MACAM MACAM SAKELAR LISTRIK

Penjelasan Macam-macam Saklar, Jenis Disertai Fungsinya Saklar  adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan dan menghubungkan aliran listrik. Jadi saklar pada dasarnya adalah suatu alat yang dapat atau berfungsi menghubungkan atau pemutus aliran listrik (arus listrik) baik itu pada jaringan arus listrik kuat maupun pada jaringan arus listrik lemah. Jadi anda bisa menggunakan saklar untuk berbagai macam keperluan seperti menghidupkan dan mematikan lampu. Secara garis besar, saklar memiliki 2 macam penggunaan, yaitu untuk instalasi penerangan dan instalasi tenaga. Yang membedakan saklar arus listrik kuat dan saklar arus listrik lemah adalah bentuknya kecil jika dipakai untuk alat peralatan elektronika arus lemah, demikian pula sebaliknya, semakin besar saklar yang digunakan jika aliran listrik semakin kuat. Secara sederhana, saklar terdiri dari dua bilah logam yang menempel pada suatu rangkaian, dan bisa terhubung atau terpisah sesuai dengan keadaan s
If I Let You Go Westlife Day after day Time passed away And I just can't get you out of my mind Nobody knows, I hide it inside I keep on searching but I just can't find The courage to show to let you know I've never felt love like this before And once again I'm thinking about Taking the easy way out But if I let you go I will never know What my life would be holding you close to me Will I ever see you smiling back at me ? (oh yeah) How will I know if I let you go ? Night after night I hear myself say Why don't this feeling just fade away There's no one like you (no one like you) You speak to my heart (speak to my heart) It's such a a shame we're worlds apart I'm too shy to ask, I'm too proud to lose But sooner or later I gotta choose And once again I'm thinking about Taking the easy way out If I let you go I will never know What my life would be, holding you close to me Will I ever see you smiling back at me? (oh yea

TITANIA

Titania (satelit) Satelit alami terbesar Uranus Baca dalam bahasa lain Pantau Sunting Titan (satelit). Asik Zone   Titania  adalah satelit alami terbesar planetUranus sekaligus satelit alami terbesar kedelapan di Tata Surya dengan diameter 1.578 km. Titania ditemukan oleh William Herschel pada tahun 1787 dan dinamai menurut nama seorang ratu peri dalam sebuah sandiwara komedi karya William Shakespeare, yakni  Impian di Tengah Musim . Orbitnya terletak di dalam magnetosferUranus. Titania https://saepulrental.Blogspot.com Citra belahan selatan Titania yang diabadikan oleh  Voyager 2  pada 24 Januari 1986. Penemuan Ditemukan oleh William Herschel Tanggal penemuan 11 Januari  1787 [1] Penamaan Nama alternatif Uranus III Karakteristik orbit Sumbu semi-mayor 435.910  km [2] Eksentrisitas 00.011 [2] Periode orbit 8,706234  h [2] Kecepatan orbit rata-rata 3.64 km/s [a] Inklinasi 0,340°  (ke khatulistiwa Uranus) [2] Satelit dari Uranus Karakter

PEGASUS

Mitologi Yunani adalah sekumpulan mitos dan legenda yang berasal dari Yunani Kuno dan berisi kisah-kisah mengenai dewa dan pahlawan, sifat dunia, dan asal usul serta makna dari praktik ritual dan kultus orang Yunani Kuno. Mitologi Yunani merupakan bagian dari agama di Yunani Kuno. Para sejarawan modern mempelajari mitologi Yunani untuk mengetahui keadaan politik, agama, dan peradaban di Yunani Kuno, serta untuk memperoleh pemahaman mengenai pembentukan mitos itu sendiri. Kebanyakan dewa Yunani digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya, yang mungkin lebih dari satu. Dewa-dewi ini kadang-kadang membantu manusia, dan bahkan menjalin hubungan cinta dengan manusia yang menghasilkan anak, yang merupakan setengah manusia setengah dewa. Anak-anak itulah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.  Mitologi Yunani s

Daftar Unsur Menurut Nomor Atom

Daftar unsur menurut nomor atom Baca dalam bahasa lain Unduh Pantau Sunting Berikut adalah tabel unsur kimia  yang disusun berdasarkan  nomor atom  dan kode warna menurut tipe unsur. Setiap unsur ditampilkan informasi mengenai nama unsur, lambang unsur, golongan dan periode, massa atom (atau isotop yang paling stabil), massa jenis, titik lebur, titik didih dan penemunya. Deret kimia  tabel periodik Logam alkali Alkali tanah Lantanida Aktinida Logam transis i Logam Metaloid Nonlogam Halogen Gas mulia Daftar Sunting No. atom Nama Lambang Periode, Golongan Massa ( g /Mol) Massa jenis (g/ cm³ ) pada 20° C Titik lebur (°C) Titik didih (°C) Tahun penemuan Penemu 1 Hidrogen H 1; 1 1,00794(7) 2   3   4 0,084 g/l -259,1 -252,9 1766 Cavendish 2 Helium He 1; 18 4,002602(2) 2   4 0,17 g/l -272,2 -268,9 1895 Ramsay  dan  Cleve 3 Litium Li 2; 1 6,941(2) 2   3   4   5 0,53 180,5 1317 1817 Arfwedson 4 Berilium  Be 2; 2 9,012182(3) 1,85 1278 2970 1797

Dianggap Sepele, 4 Hal Kecil Ini Ternyata Mampu Mengubah Sejarah Dunia

Tidak selamanya hal kecil diabaikan dan dirasa tidak memberikan efek apapun untuk hal besar. 4 hal kecil ini misalnya, walaupun sangat sederhana, siapa sangka jika deretan hal ini justru mampu mengubah sejarah dunia. Sejarah mencatat, beberapa hal sederhana ternyata memiliki efek besar hingga dapat mempengaruhi jalanannya peradaban dan sejarah yang sudah berlangsung. Hal ini dikenal sebagai butterfly effect atau efek kupu-kupu. Efek ini percaya bahwa hal kecil yang terjadi dapat memicu serangkaian peristiwa yang berdampak cukup parah dan tidak bisa diprediksi.

Pasar Paling Aneh Sekaligus Unik Di Dunia, Mulai Mencari Cinta Hingga Menantang Nyawa.

Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli barang yang dibutuhkan. Seperti yang kita tahu bahwa pasar normalnya menjual beragam kebutuhan rumah tangga seperti pakaian, makanan hingga bumbu dapur. Namun, apa jadinya jika ada pasar dengan tampilan unik yang berasal dari barang dagangannya? Simak 9 pasar unik dan menarik di duni a berikut. 1. Pasar Kontainer, Swiss Pasar yang dinaungi oleh perusahaan bernama Freitag ini memiliki cara unik dalam mengelola kontainer yang telah usang dan tidak lagi terpakai. Jika biasanya kontainer tidak lagi terpakai akan dibiarkan begitu saja, maka perusahaan ini berbeda. Mereka menyusun kontainer-kontainer tersebut hingga terbentuk menjadi sebuah pasar. Pasar kontainer menarik turis dari berbagai negara karena tatanannya rapi dan mereka yang ingin membeli kontainer bekas pun dapat melihat-lihat dengan leluasa. Pasar ini tersusun rapi dari 17 kontainer usang dan memiliki tinggi 26 meter. Bagian paling atas dari pa
SEMOGA ASYIK SELALU