Cari keripik pisang klik disini MACAM MACAM SAKELAR LISTRIK Langsung ke konten utama

MACAM MACAM SAKELAR LISTRIK


Penjelasan Macam-macam Saklar, Jenis Disertai Fungsinya


1. Saklar tunggal 2. Saklar kutub dua 3. Saklar kutub tiga 4. Saklar seri 5. Saklar tukar 6. Saklar kutub silang 7. Saklar tarik 8. Saklar tombol tekan 9. Saklar kelompok dan berbagai saklar lainnya

Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan dan menghubungkan aliran listrik. Jadi saklar pada dasarnya adalah suatu alat yang dapat atau berfungsi menghubungkan atau pemutus aliran listrik (arus listrik) baik itu pada jaringan arus listrik kuat maupun pada jaringan arus listrik lemah. Jadi anda bisa menggunakan saklar untuk berbagai macam keperluan seperti menghidupkan dan mematikan lampu. Secara garis besar, saklar memiliki 2 macam penggunaan, yaitu untuk instalasi penerangan dan instalasi tenaga.

Yang membedakan saklar arus listrik kuat dan saklar arus listrik lemah adalah bentuknya kecil jika dipakai untuk alat peralatan elektronika arus lemah, demikian pula sebaliknya, semakin besar saklar yang digunakan jika aliran listrik semakin kuat.

Secara sederhana, saklar terdiri dari dua bilah logam yang menempel pada suatu rangkaian, dan bisa terhubung atau terpisah sesuai dengan keadaan sambung (on) atau putus (off) dalam rangkaian itu. Material kontak sambungan umumnya dipilih agar supaya tahan terhadap korosi. Kalau logam yang dipakai terbuat dari bahan oksida biasa, maka saklar akan sering tidak bekerja.

Untuk mengurangi efek korosi ini, paling tidak logam kontaknya harus disepuh dengan logam anti korosi dan anti karat. Saklar sangatlah bermanfaat dalam menunjang keselamatan penggunaan tenaga listrik. Karena penggunaan saklar dalam instalasi sangat membantu mengurangi risiko korseleting.

Contoh penggunaan saklar di peralatan-peralatan listrik maupun elektronik :

  • Tombol on/off dan volume up down di ponsel
  • Tombol on/off di TV, tombol-tombol di remote TV
  • Saklar dinding untuk menghidupkan dan mematikan lampu listrik
  • Tombol on/off di laptop atau komputer
  • Tombol-tombol keyboard pada laptop atau komputer
  • Tombol on/off dan tombol pilihan kecepatan di kipas angin

Saklar Listrik dapat digolongkan berdasarkan jumlah Kontak dan Kondisi yang dimilikinya. Jumlah Kontak dan kondisi yang dimiliki tersebut biasanya disebut dengan istilah “Pole” dan “Throw”.

  • Pole Adalah banyaknya Kontak yang dimiliki oleh sebuah saklar sedangkan 
  • Throw Adalah banyaknya kondisi yang dimiliki oleh sebuah Saklar.

Contoh jenis saklar listrik yang digolongkan berdasarkan Pole dan Throw :

SPST : Single Pole Single Throw,
yaitu Saklar ON/OFF yang paling sederhana dengan hanya memiliki 2 Terminal. Contohnya Saklar Listrik ON/OFF pada lampu.

SPDT : Single Pole Double Throw,
yaitu Saklar yang memiliki 3 Terminal. Saklar jenis ini dapat digunakan sebagai Saklar Pemilih. Contohnya Saklar pemilih Tegangan Input Adaptor yaitu 110V atau 220V.

DPST : Double Pole Single Throw,
yaitu saklar yang memiliki 4 Terminal. DPST dapat diartikan sebagai 2 Saklar SPST yang dikendalikan dalam satu mekanisme.

DPDT : Double Pole Double Throw,
yaitu saklar yang memiliki 6 Terminal. DPDT dapat diartikan sebagai 2 Saklar SPDT yang dikendalikan dalam satu mekanisme.

SP6T : Single Pole Six Throw,
yaitu saklar yang memilki 7 Terminal yang pada umumnya berfungsi sebagai Saklar pemilih. Jenis Saklar ini banyak ditemui dalam Rangkaian Adaptor yang dapat memilih berbagai Tegangan Output, misalnya pilihan output 1,5V, 3V, 4,5V, 6V, 9V dan 12V.

Macam-Macam Saklar pada pengendali ( instalasi tenaga ) dan elektronik :


Selector Switch, disingkat (SS)

Saklar pemilih ini menyediakan beberapa posisi kondisi on dan kondisi off, ada dua, tiga, empat bahkan lebih pilihan posisi, dengan berbagai tipe geser maupun putar. Saklar pemilih biasanya dipasang pada panel kontrol untuk memilih jenis operasi yang berbeda, dengan rangkaian yang berbeda pula. Saklar pemilih memiliki beberapa kontak dan setiap kontak dihubungkan oleh kabel menuju rangkaian yang berbeda, misal untuk rangkaian putaran motor cepat dan untuk rangkaian putaran motor lambat. Atau pada rangkaian audio misalnya memilih posisi radio, tape dan lainnya

Saklar Toggle

Saklar Toggle ini menghubungkan atau memutuskan arus dengan cara menggerakkan toggle/tuas yang ada secara mekanis. Ukurannya relatif kecil, pada umumnya digunakan pada rangkaian elektronika

Limit Switch (LS)

Limit switch termasuk saklar yang banyak digunakan di industri. Pada dasarnya limit switch bekerja berdasarkan sirip saklar yang memutar tuas karena mendapat tekanan plunger atau tripping sirip wobbler. Konfigurasi yang ada dipasaran adalah: (a).Sirip roller yang bisa diatur, (b) plunger, (c) Sirip roller standar, (d) sirip wobbler, (e) sirip rod yang bisa diatur. Pada saat tuas tertekan oleh gerakan mekanis, maka kontak akan berubah posisinya. Contoh aplikasi saklar ini adalah pada PMS (Disconecting Switch) untuk menghentikan putaran motor lengan PMS.

Saklar Mekanik

Saklar mekanik umumnya digunakan untuk automatisasi dan juga proteksi rangkaian. Saklar mekanik akan on atau off secara otomatis oleh sebuah proses perubahan parameter, misalnya posisi, tekanan, atau temperatur. Saklar akan On atau Off jika set titik proses yang ditentukan telah tercapai. Terdapat beberapa tipe saklar mekanik, antara lain: Limit Switch, Flow Switch, Level Switch, Pressure Switch dan Temperature Switch. Contoh pengunaannya seperti pada magic com adalah saklar Temperature Switch

Flow Switch (FL)

Saklar ini digunakan untuk mendeteksi perubahan aliran cairan atau gas di dalam pipa, tersedia untuk berbagai viskositas. Pada saat cairan dalam pipa tidak ada aliran, maka kontak tuas/piston tidak bergerak karena tekanan disebelah kanan dan kiri tuas sama. Namun pada saat ada aliran, maka tuas/piston akan bergerak dan kontak akan berubah sehingga dapat menyambung atau memutusklan rangkaian.

Float Switch (FS)

Saklar level atau float switch, merupakan saklar diskret yang digunakan untuk mengontrol level permukaan cairan di dalam tangki. Posisi level cairan dalam tangki digunakan untuk men-trigger perubahan kontak saklar. Posisi level switch ada yang horizontal dan ada yang vertikal.

Temperature Switch 

Saklar temperatur disebut thermostat, bekerja berdasarkan perubahan temperatur. Perubahan kontak elektrik di-trigger (dipicu) oleh pemuaian cairan yang ada pada chamber yang tertutup (sealed chamber) chamber ini terdiri dari tabung kapiler dan silinder yang terbuat dari stainless steel. Cairan di dalam chamber mempunyai koefisiensi temperatur yang tinggi, sehingga jika silinder memanas, cairan akan memuai, dan menimbulkan tekanan pada seluruh lapisan penutup chamber. Tekanan ini menyebabkan kontak berubah status.Secara fisik saklar ini terdiri dari dua komponen, yaitu bagian yang bergerak/bergeser (digerakkan oleh tekanan) dan bagian kontak. Bagian yang bergerak dapat berupa diafragma atau piston. Kontak elektrik biasanya terhubung pada bagian yang bergerak, sehingga jika terjadi pergeseran akan menyebabkan perubahan kondisi (On ke Off atau sebaliknya)

Saklar Tekanan atau Pressure Switch 

Pressure switch merupakan saklar yang kerjanya tergantung dari tekanan pada perangkat saklar. Tekanan tersebut berasal dari air, udara atau cairan lainnya, misalnya oli. Terdapat dua macam Pressure Switch: absolut (trigger (pemicu) terjadi pada tekanan tertentu) dan konfigurasi diferensial (trigger terjadi karena perbedaan tekanan)

Saklar Push Button

Saklar push button adalah tipe saklar yang menghubungkan aliran listrik sesaat saja saat ditekan dan setelah dilepas maka kembali lagi pada posisi off. Saklar tipe ini banyak digunakan pada rangkaian elektronika yang di kombinasikan dengan rangkaian pengunci.


Macam-macam saklar manual yang digunakan untuk instalasi penerangan menurut hubungannya antara lain:

1. Saklar tunggal                 6. Saklar kutub silang
2. Saklar kutub dua             7. Saklar tarik
3. Saklar kutub tiga             8. Saklar tombol tekan
4. Saklar seri                       9. Saklar kelompok   
5. Saklar tukar


Saklar tunggal 

Umum dijumpai pada rumah, apartemen, hotel, ataupun industri. Fungsi dari saklar tunggal ialah untuk menghidupkan dan mematikan satu buah lampu atau lebih. Saklar ini hanya terdiri dari atas sebuah tuas, jadi anda bisa menghubungkan ataupun mematikan banyak lampu hanya dengan sekali tekan.

Saklar kutub dua

Merupakan jenis saklar listrik yang berfungsi untuk menghubungkan atau memnutuskan aliran arus listrik pada sumber dan pada beban. Penggunaan saklar kutub 2 yang paling mudah kita temui ialah pada papan hubung bagi (PHB) 1 fasa (Phase). Selain itu, saklar jenis ini juga sering digunakan pada ruangan yang lembab dan basah.

Saklar kutub tiga 

Dipakai pada golongan yang terdiri dari sejumlah lampu-lampu besar.
Misalnya: Untuk penerangan lantai, penerangan bagian atas dan gedung-gedung pertemuan untuk dihubungkan dengan tiga fasa. Hubungan ini disambung dan diputuskan dengan saklar kutub tiga.

Saklar seri 

Merupakan dua buah saklar tunggal yang dihubungkan secara seri. Anda bisa menghidupkan satu buah lampu atau lebih secara bersamaan ataupun bergantian. Biasanya sakalar ini dipasang pada area yang memiliki lebih dari satu lampu. Misalnya ruang keluarga dengan ruang tamu.

Saklar tukar 

Digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu dari 2 tempat yang berbeda. Selain itu anda juga bisa menggunakannya untuk menyalakan 2 buah lampu atau lebih secara bergantian. Saklar tukar bisa dengan mudah anda temui pada gudang bawah tanah, lorong-lorong, dan tangga pada rumah bertingkat.

Saklar silang 

Digunakan apabila kita harus dapat melayani satu lampu dan tiga tempat, maka kita pakai saklar silang waktu memasang. Hendaklah diingat, bahwa saklar yang pertama dan penghabisan haruslah dipasang saklar tukar, saklar di antaranya adalah saklar silang.

Saklar tarik 

Digunakan pada kamar tidur, dan kamar mandi yang dapat dihidupkan dan dimatikan dengan menarik saklarnya dengan perantaraan tali sebagai penariknya.

Saklar tombol tekan 

Digunakan untuk mengontrol motor-motor listrik dan juga banyak digunakan untuk melayani bel, dan lain-lain.

Saklar kelompok

Digunakan untuk menghubungkan atau memutuskan dua lampu atau dua golongan lampu secara bergantian, tetapi kedua golongan tidak dapat menyala bersama. umumnya saklar ini dipakai sebagai penghubung yang hemat pada hotel, kamar-kamar, dan tempat yang memerlukan.

Cara pemasangan saklar dibedakan menjadi 2 jenis yaitu : 

  1. Saklar ditanam dalam tembok sistem IN-BOUW
  2. Saklar tidak ditanam di dalam tembok sistem OUT-BOUW

Dalam pemasangan saklar juga terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang instalatir listrik, antara lain:

  1. Harus dapat melayani secara aman tanpa memerlukan alat bantu.
  2. Saklar harus dipasang sedemikian rupa sehingga bagian yang bergerak (tangkai atau pengumpil) saklar tidak bertegangan pada waktu saklar dalam keadaan terbuka atau tidak terhubung (Puil 1977 Pasal 206 B1).
  3. Dudukan semua saklar di dalam suatu instalasi harus seragam, misalnya: semua saklar dalam keadaan terhubung: Jika tangkai saklar didorong ke atas atau. Jika pengumpil saklar bagian atas ditekan (Puil 1977 Pasal 206.B1)

Demikian pengertian tentang Macam-macam Saklar, Jenis dan Fungsinya.
Semoga dengan membaca artikel ini kalian jadi lebih paham dan mengerti saklar saklar instalasi, tetapi jika ada yang belum mengerti dari artikel kali ini silahkan berkomentar dikolom komentar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian lampu TL

Rangkaian Lampu TL Tanpa Trafo Ballast Asik Zone   Rangkaian Lampu TL Tanpa Trafo Ballast – Pastinya sebagian dari anda banyak yang masih belum tahu apa sebenarnya lampu TL itu? Ya, kebanyakan orang menganggap bahwa lampu TL adalah lampu neon. Memang tidak salah, namun ada penjabaran arti yang telah tepat terkait pengertian dari lampu TL. Lampu TL adalah singkatan dari Tube Luminescent yang merupakan  sebuah lampu yang memilik bentuk tabung hampa, di mana p ada setiap ujungnya terdapat dua pasang kawat pijar atau yang biasa disebut dengan coil . Prinsip kerja dari lampu TL ini tak berbeda dari lampu pijar biasa. Lampu TL juga bisa disebut dengan l ampu Fluorescent  ataupun Tube Lamp. Di dalam tabung lampu ini terdapat  zat mercury serta gas argon yang memiliki tekanan rendah. Ketika  arus listrik mengalir ke dalamnya, maka elektron-elektron akan berpindah dari ujung satu ke ujung yang lain. Setelah elektron bertabrakan dengan zat tersebut, dan elektron kem

ABJAD PAGON

SAS TRA PEGON Pendahuluan Arab  Pegon (Pego) asalnya berasal dari huruf Arab Hijaiyah, yang kemudian disesuaikan dengan aksara (abjad) Indonesia (Jawa). Kata pegon dalam kamus Bausastra mempunyai arti tidak murni Bahasa Jawa. Huruf Pegon lahir dikalangan pondok pesantren untuk memaknai atau menerjemahkan kitab – kitab berbahasa Arab kedalam bahasa Jawa/Indonesia untuk mempermudah penulisannya, karena penulisan Arab dimulai dari kanan ke kiri begitu pula menulisan Pegon, sedangkan penulisan Latin dimulai dari kiri ke kanan. Menurut satu pendapat, penemu huruf Pegon adalah Sunan Ampel , sedangkan menurut pendapat lain Imam Nawawi  Banten, hal ini dikuatkan dari sejarah pada masa penjajahan banyak sekali terjadi penindasan, perampasan hak dan penyiksaan. Maka timbulah “Gerakan Anti Penjajah”. Pemberontakan terhadap pemerintahan penjajah terjadi dimana – mana, termasuk didalamnya kaum muslimin sampai – sampai para ‘ulama dan kyai berfatwa “haram memakai apapun da

LAGU KEBANGSAAN

Berikut adalah daftar lagu kebangsaan negara-negara di dunia . Negara → Lagu kebangsaan Afganistan → Sououd-e-Melli Afrika Selatan → Nkosi Sikelel iAfrica dan Die Stem/The Call Albania → Hymni i Flamurit Aljazair → Qassaman Amerika Serikat → The Star-Spangled Banner Andorra → El Gran Carlemany Angola → Angola Avante Antigua dan Barbuda → Fair Antigua, We Salute Thee Antilles Belanda → Beautiful Islands Arab Saudi → Aash_Al_Maleek (عاش المليك) Argentina → Himno Nacional Argentino Armenia → Mer Hayrenik Aruba → Aruba Dushi Tera Australia → Advance Australia Fair Austria → Land der Berge, Land am Strome Azerbaijan → Azərbaycan Respublikasının Milli Himni Bahama → March On, Bahamaland Bahrain → Bahrainona Kepulauan Balear → La Balanguera Bangladesh → Amar Sonar Bangla Barbados → In Plenty and In Time of Need Basque Country → Eusko Abendaren Ereserkia Belanda → Wilhel
If I Let You Go Westlife Day after day Time passed away And I just can't get you out of my mind Nobody knows, I hide it inside I keep on searching but I just can't find The courage to show to let you know I've never felt love like this before And once again I'm thinking about Taking the easy way out But if I let you go I will never know What my life would be holding you close to me Will I ever see you smiling back at me ? (oh yeah) How will I know if I let you go ? Night after night I hear myself say Why don't this feeling just fade away There's no one like you (no one like you) You speak to my heart (speak to my heart) It's such a a shame we're worlds apart I'm too shy to ask, I'm too proud to lose But sooner or later I gotta choose And once again I'm thinking about Taking the easy way out If I let you go I will never know What my life would be, holding you close to me Will I ever see you smiling back at me? (oh yea

TITANIA

Titania (satelit) Satelit alami terbesar Uranus Baca dalam bahasa lain Pantau Sunting Titan (satelit). Asik Zone   Titania  adalah satelit alami terbesar planetUranus sekaligus satelit alami terbesar kedelapan di Tata Surya dengan diameter 1.578 km. Titania ditemukan oleh William Herschel pada tahun 1787 dan dinamai menurut nama seorang ratu peri dalam sebuah sandiwara komedi karya William Shakespeare, yakni  Impian di Tengah Musim . Orbitnya terletak di dalam magnetosferUranus. Titania https://saepulrental.Blogspot.com Citra belahan selatan Titania yang diabadikan oleh  Voyager 2  pada 24 Januari 1986. Penemuan Ditemukan oleh William Herschel Tanggal penemuan 11 Januari  1787 [1] Penamaan Nama alternatif Uranus III Karakteristik orbit Sumbu semi-mayor 435.910  km [2] Eksentrisitas 00.011 [2] Periode orbit 8,706234  h [2] Kecepatan orbit rata-rata 3.64 km/s [a] Inklinasi 0,340°  (ke khatulistiwa Uranus) [2] Satelit dari Uranus Karakter

PEGASUS

Mitologi Yunani adalah sekumpulan mitos dan legenda yang berasal dari Yunani Kuno dan berisi kisah-kisah mengenai dewa dan pahlawan, sifat dunia, dan asal usul serta makna dari praktik ritual dan kultus orang Yunani Kuno. Mitologi Yunani merupakan bagian dari agama di Yunani Kuno. Para sejarawan modern mempelajari mitologi Yunani untuk mengetahui keadaan politik, agama, dan peradaban di Yunani Kuno, serta untuk memperoleh pemahaman mengenai pembentukan mitos itu sendiri. Kebanyakan dewa Yunani digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya, yang mungkin lebih dari satu. Dewa-dewi ini kadang-kadang membantu manusia, dan bahkan menjalin hubungan cinta dengan manusia yang menghasilkan anak, yang merupakan setengah manusia setengah dewa. Anak-anak itulah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.  Mitologi Yunani s

Daftar Unsur Menurut Nomor Atom

Daftar unsur menurut nomor atom Baca dalam bahasa lain Unduh Pantau Sunting Berikut adalah tabel unsur kimia  yang disusun berdasarkan  nomor atom  dan kode warna menurut tipe unsur. Setiap unsur ditampilkan informasi mengenai nama unsur, lambang unsur, golongan dan periode, massa atom (atau isotop yang paling stabil), massa jenis, titik lebur, titik didih dan penemunya. Deret kimia  tabel periodik Logam alkali Alkali tanah Lantanida Aktinida Logam transis i Logam Metaloid Nonlogam Halogen Gas mulia Daftar Sunting No. atom Nama Lambang Periode, Golongan Massa ( g /Mol) Massa jenis (g/ cm³ ) pada 20° C Titik lebur (°C) Titik didih (°C) Tahun penemuan Penemu 1 Hidrogen H 1; 1 1,00794(7) 2   3   4 0,084 g/l -259,1 -252,9 1766 Cavendish 2 Helium He 1; 18 4,002602(2) 2   4 0,17 g/l -272,2 -268,9 1895 Ramsay  dan  Cleve 3 Litium Li 2; 1 6,941(2) 2   3   4   5 0,53 180,5 1317 1817 Arfwedson 4 Berilium  Be 2; 2 9,012182(3) 1,85 1278 2970 1797

Dianggap Sepele, 4 Hal Kecil Ini Ternyata Mampu Mengubah Sejarah Dunia

Tidak selamanya hal kecil diabaikan dan dirasa tidak memberikan efek apapun untuk hal besar. 4 hal kecil ini misalnya, walaupun sangat sederhana, siapa sangka jika deretan hal ini justru mampu mengubah sejarah dunia. Sejarah mencatat, beberapa hal sederhana ternyata memiliki efek besar hingga dapat mempengaruhi jalanannya peradaban dan sejarah yang sudah berlangsung. Hal ini dikenal sebagai butterfly effect atau efek kupu-kupu. Efek ini percaya bahwa hal kecil yang terjadi dapat memicu serangkaian peristiwa yang berdampak cukup parah dan tidak bisa diprediksi.

Pasar Paling Aneh Sekaligus Unik Di Dunia, Mulai Mencari Cinta Hingga Menantang Nyawa.

Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli barang yang dibutuhkan. Seperti yang kita tahu bahwa pasar normalnya menjual beragam kebutuhan rumah tangga seperti pakaian, makanan hingga bumbu dapur. Namun, apa jadinya jika ada pasar dengan tampilan unik yang berasal dari barang dagangannya? Simak 9 pasar unik dan menarik di duni a berikut. 1. Pasar Kontainer, Swiss Pasar yang dinaungi oleh perusahaan bernama Freitag ini memiliki cara unik dalam mengelola kontainer yang telah usang dan tidak lagi terpakai. Jika biasanya kontainer tidak lagi terpakai akan dibiarkan begitu saja, maka perusahaan ini berbeda. Mereka menyusun kontainer-kontainer tersebut hingga terbentuk menjadi sebuah pasar. Pasar kontainer menarik turis dari berbagai negara karena tatanannya rapi dan mereka yang ingin membeli kontainer bekas pun dapat melihat-lihat dengan leluasa. Pasar ini tersusun rapi dari 17 kontainer usang dan memiliki tinggi 26 meter. Bagian paling atas dari pa
SEMOGA ASYIK SELALU